#GerakanMinumAirPutih

Trigger dari post kali ini adalah ini. Iya, link itu. Silahkan diklik dan dibaca dari atas sampai bawah, hahaha.. Jadi inti dari trigger itu adalah ko Ryan sering lupa minum air putih sehingga kesehatannya cukup menurun sekarang. Sebagai teman blogger yang baik, saya menyarankan ko Ryan untuk install aplikasi alarm minum di HPnya.

Kalau di Android, nama aplikasinya adalah “Water Drink Reminder” (WDR). Ada beberapa aplikasi serupa, misal “Aqualert : Water Reminder H20”, “Hydro Coach – Drink Water”, dan “Drink Water Reminder”. Saya menyarankan WDR ke ko Ryan sebab aplikasi ini sudah digunakan oleh beberapa teman saya yang sering lupa minum air juga. Saya juga install aplikasi ini tetapi belum pernah digunakan secara serius soalnya saya sakaw sama air, can’t live without it, LOL 😀

Aplikasi ini akan meminta user untuk memilih unit yang digunakan, yaitu weight unit lbs atau kg serta capacity unit oz atau ml. User juga diminta untuk memilih wadah minum yang digunakan.

Aplikasi ini juga memiliki general settings yang dapat diatur sesuai kebutuhan user, termasuk grafik minum mingguan, bulanan, dan tahunan.

Screenshot_2015-11-25-23-55-35
General Settings

Weight unit dan capacity unit akan menentukan jumlah air putih yang harus dikonsumsi user dalam satu hari. Alarm aplikasi ini akan berbunyi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Point yang seru dari saran ini tidak terletak di aplikasinya tetapi di penyebaran informasinya.

Screenshot_2015-11-25-23-56-46
Notifications di Twitter

Ko Ryan tweet ke saya dan Mba Adelina yang berlanjut dengan terciptanya hashtag #GerakanMinumAirPutih, dan berlanjut dengan ide untuk membuat postingan ini. Saya tweet ke Mas Dani dan Bli Gara  untuk ikutan juga, eh tweetnya berlanjut ke Mas Aan dan Mba Ira juga 😀

Semoga berhasil yah teman-teman. Saya tunggu reportnya kalian.

Seperti yang saya utarakan di atas, saya tidak menggunakan aplikasi ini secara serius karena saya sakaw sama air. Ini serius loh, saya benar-benar tidak bisa hidup tanpa air.

Kasarnya, lebih baik tidak makan 1 hari daripada tidak minum 1 hari. That’s why, saya mempunyai beberapa koleksi botol minum sebab saya berusaha membawa botol minum kemana pun saya pergi. Air putih (cenderung hangat) is the best! 😀

bottle
Salah satu botol minum saya

Kenapa saya bilang saya sakaw sama air? FYI, botol di atas memiliki kapasitas 750ml, dan saya bisa menghabiskan air di dalamnya sebanyak 7-8 botol sehari, dengan asumsi dari jam 06.00 pagi sampai 23.30 malam. Itu artinya saya bisa menghabiskan 5250-6000ml dalam waktu 17 jam. Oleh karena itu, saya merasa belum benar-benar memerlukan alarm aplikasi WDR tersebut.

Manusia dianjurkan untuk minum air putih 1-3 liter sehari sebab air putih memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, tetapi tidak dijelaskan rentang waktu “sehari” itu berapa jam sehingga saya tidak tahu apakah habit sakaw air saya ini termasuk kategori berlebihan atau tidak 😛

Ada beberapa artikel yang membahas tentang bahaya akibat terlalu banyak minum air putih, misalnya ini dan itu. Tetapi saya kan minumnya dalam rentang waktu 17 jam atau lebih, jadi harusnya belum termasuk kategori “berbahaya” kan? *beladiri* 😀

Apakah ada di antara kalian yang sering lupa minum air putih juga? Jika iya, mungkin aplikasi WDR ini bisa membantu kalian untuk selalu ingat minum air putih. Not for other people, it’s for your own goodness 🙂

Mari kita sukseskan #GerakanMinumAirPutih! ( sudah mirip iklan Pilkada belum? 😀 )

Rgds,

Ws 😉

32 comments

  1. Aku juga hobi minum air. Air segalon habis dalam 5hari. Akupun kalo sekali minum pake gelas 500ml. Paling ga suka minum pake air mineral gelas, kok cepet amat abisnya. Hahaha

    Like

  2. *begitu selesai baca postingan ini langsung minum air putih :haha*.
    Terima kasih ya sudah melibatkan saya dalam kegiatan baik ini :hihi. Kebetulan, saya juga sedang ada masalah kesehatan karena kurang minum, jadi ini mungkin semacam cara Tuhan mengobati saya ya :hehe. Belum instal aplikasinya, tapi setelah ini pasti :)). Pertanyaan-pertanyaan lain kayaknya saya simpan setelah saya menginstal aplikasinya dulu… :hehe.
    Oh iya, jangan lupa banyak makan sayur dan buah!

    Like

    • Terima kasih kembali Bli. Senang bisa saling berbagi seperti ini. Semoga habit baik ini bisa dipertahankan dan ditularin ke orang lain yah. Hahaha.. Kalau sayur dan buah memang kudu itu mah 😄

      Like

  3. Terima kasih yach untuk infonya. Kemaren itu emang iseng aja baca artikel nya Ryan dan entah kenapa langsung tertarik baca comment kamu dan Ryan ttg aplikasi ini. Langsung pada semangat kan yach saling memberi dukungan untuk minum air putih.

    Sebenarnya aku nga terlalu masalah dengan minum air putih soalnya dikantor sama OB sudah disiapkan dimeja hanya dengan aplikasi ini aku tiap jam diingatin untuk minum, secara sering kelewatan wlpn udah lihat itu botol didepan mata. Senang bangat dech. Sekali lagi terima kasih yach. Mau ngasih tau ke orang2 dekatku untuk makai aplikasi ini dan minum air putih yang banyak.

    Like

    • Thanks for comment mba 🙂
      Aku juga ‘sahabatan’ sama komputer tapi tumblernya sengaja kutaruh di samping laptop jadi bisa minum terus, hehehe.. You’re welcome mba, senang bisa berbagi 🙂

      Like

  4. Wah,,, kayaknya beneran sakaw itu ya mba Wien 😀 Tapi beneran hebat itu habisnya bisa 6L sehari *salut
    Saya dulu pernah install app ini tapi sekarang nggak lagi, kebanyakan bunyinya melulu malah ngegangguin meja tetangga padahal lagi nggak bisa beranjak dari tempat duduk. Di kantor saya tidak boleh makan dan minum di meja kerja sekalipun itu hanya air putih 😥 . Jadilah harus terus ingat kalau abis ke WC harus langsung minum dua gelas. Sekarang seperti itu pengingat saya. Secara bumil ya pasti bolak balik toilet melulu 😀

    Like

Thank you for your comments