Apple Cake (Rice Cooker)

Saya ingin baking lagi, kali ini dengan menggunakan buah apel sebagai bahan dasarnya. Browsing kesana kesini, saya mencoba untuk berkreasi dengan resep apple cake sederhana ala-ala saya sendiri 😀

Bahan-bahannya :

  • 1 buah apel (saya menggunakan apel Fuji)
  • 1 batang kayu manis atau bubuk kayu manis
  • 3 sendok makan madu (saya menggunakan madu “Uray”)
  • 100 gram tepung terigu (saya pakai all purpose flour gluten free Ladang Lima)
  • 50-60 gram butter yang sudah lunak (bisa diganti dengan virgin coconut oil atau olive oil)
  • 1 sendok makan gula pasir (bisa diganti dengan gula stevia)
  • 3 butir telur
  • 1 sendok teh vanilla extract atau perisa vanila
  • 1 sendok teh baking powder
  • sejumput garam

Cara pembuatannya :

  • Cuci apel sampai bersih, kupas kulitnya, potong-potong dengan bentuk agak tipis, dan tata irisan apelnya di dalam rice cooker.
  • Tuang madu di atas irisan apel yang sudah ditata.
  • Letakkan batang kayu manis atau tuang bubuk kayu manisnya di atas irisan apel.
  • Tekan tombol “cook” untuk memanaskan ketiga bahan di atas.
  • Jika tombol “cook” sudah berubah ke tombol “warm”, angkat dan dinginkan panci rice cookernya. Irisan apel akan berubah warna menjadi kecokelatan dan teksturnya akan berubah menjadi empuk.
  • Campurkan tepung terigu dan mentega dalam sebuah wadah yang sudah disiapkan.
  • Jika sudah tercampur sempurna, masukkan bahan-bahan lainnya, mulai dari telur, gula pasir, vanilla extract atau perisa vanila, baking powder, dan sejumput garam.
  • Aduk sampai rata dan adonan menjadi halus.
  • Tuang adonan ke dalam panci rice cooker tepat di atas irisan apel kecokelatan.
  • Tekan tombol “cook” jika panci sudah dimasukkan ke dalam rice cooker.
  • Diamkan sekitar 10 menit jika tombol “cook” berubah ke tombol “warm”.
  • Tekan tombol “cook” lagi setelah 10 menit pertama berlalu. Saya mengulangi proses ini sebanyak tiga kali.
  • Di proses ketiga, saya periksa kondisi kuenya menggunakan tusuk gigi. Kue sudah matang jika tusuk gigi (yang ditusuk ke dalam kue) tetap bersih. Sebaliknya, ulangi proses “cook” di atas jika masih banyak adonan yang menempel di tusuk gigi.

Saya bisa mencium aroma kayu manis yang begitu harum ketika adonan sedang diproses menjadi kue. Btw, silahkan menambahkan adonan dengan rempah-rempah lain, misalnya jahe atau cengkeh. Mau tambahkan terasi juga boleh, asal kuenya dihabiskan sendiri 😀

DSC_6015

Sejujurnya saya kurang suka dengan penampilan si kue yang sudah matang karena irisan apel yang sudah disusun rapi ternyata menjadi berantakan. Tapi secara keseluruhan, saya tetap menyukai kuenya karena rasanya tidak manis tetapi tekstur kuenya tetap lembut. Lain kali saya mau coba lagi dengan menggunakan brown sugar atau irisan apel kecokelatannya dimasukkan ke dalam adonan. Untuk yang menyukai rasa manis, boleh tambahkan gula pasir (sesuai selera) di dalam adonan kuenya 🙂

Sajikan kue apel sederhana ini dengan teh hangat atau ice cream! Happy Tuesday \(^o^)/

Rgds,

Ws 😉

13 Comments

    1. Iya mba, serius pakai banget, haha.. Rice cooker biasa yang kapasitasnya 0.6 liter. Kalau kapasitas magic com mba lebih gede daripada rice cooker saya, saran saya resepnya dikali 2 😀

      Liked by 1 person

  1. Ternyata rice cooker bisa dipakai untuk bikin kue juga ya Mbak :hehe. Deskripsinya berasa, saya bisa membayangkan bagaimana tahap demi tahap pembuatan kue itu (meski saya juga beranggapan kalau potongan apelnya dicampur ke adonan pasti lebih ciamik :haha). Tapi kuenya kelihatan enak banget Mbak, saya penasaran pengen mencoba kalau kebetulan dibagi :haha. Sepertinya teksturnya menarik dan padat tapi lembut :)).

    Like

Thank you for your comments

