Lemon Cake (Rice Cooker)

Dari sekian banyak draft yang masih nangkring dengan cantik di blog ini, saya memutuskan untuk menyelesaikan post ini karena ada beberapa orang yang sudah menagih resepnya ke saya 😀

Ceritanya salah satu teman saya ulang tahun di tanggal 27 Februari kemarin. Saya panggil dia Lulu and we’ve been friends since we were in kindergarten. Meskipun tinggal di kota yang sama tapi kami sempat putus komunikasi selama beberapa tahun karena kami tidak sekolah di SD, SMP, SMA yang sama. Saya juga lupa hal apa yang membuat kami bisa bertemu lagi, pokoke ketemu dan dekat lagi setelah dia menikah.

Meskipun jarang bertemu tetapi kami berdua hampir setiap hari WhatsApp-an, dan Lulu sempat minta saya membuatkan kue untuknya setelah dia melihat beberapa foto kue yang saya buat tempo hari (beberapa di antaranya bisa dibaca disinidisini, dan disini). Saya sempat menolak karena Lulu menerapkan pola hidup sehat dan alami sekali, sedangkan bahan-bahan kuenya saya tidak bisa dibilang bahan yang benar-benar sehat. Tapi dia bersikeras mau cobain kue saya. Yawis, saya akhirnya berencana membuatkan 1 kue ketika dia ulang tahun di akhir Februari. Tentunya kue ini surprise, hanya suaminya yang tahu 😀

Lulu sangat suka dengan warna kuning jadi saya pikir mau coba kreasi dengan sesuatu yang ada kaitannya dengan “kuning”. Pilihan saya jatuh ke lemon karena selain warna kuning, Lulu juga suka dengan lemon. Sempat googling beberapa resep, tapi akhirnya saya membuat resep sendiri. Gambling sih sebenarnya soalnya ini kue lemon pertamanya saya, apalagi saya tidak bisa cobain sebelum Lulu potong kuenya. Haha..

Terkadang hidup kita memang butuh hal gambling bukan? Just call it “bet your luck” 🙂

Resepnya mudah dan sederhana sekali. By the way, resep ini khusus untuk rice cooker 0.6 liter. Kalau ingin membuat kuenya menggunakan rice cooker yang lebih besar / oven, saya sarankan takaran dalam resep ini dikali dua.

Bahan-bahannya :

  • 125 gram unsalted butter yang sudah lunak
  • 100 gram tepung terigu (saya pakai all purpose flour gluten free Ladang Lima)
  • 80-100 gram gula pasir (takaran bisa ditambah jika ingin rasa lebih manis)
  • sejumput garam (pinch of salt)
  • 1 sendok teh baking powder
  • 3 butir telur
  • 1 buah lemon berukuran besar

Cara pembuatannya :

  • Olesi sedikit unsalted butter ke dalam panci rice cooker yang akan digunakan.
  • Campurkan tepung terigu, baking powder, dan garam dalam satu mangkuk. Aduk perlahan-lahan menggunakan egg whisk atau mixer.
  • Campurkan unsalted butter dan gula pasir di mangkuk lain. Aduk sampai rata.
  • Peras lemon. Tuang air perasannya ke dalam adonan unsalted butter dan gula.
  • Parut kulit lemon yang berwarna kuning. Kulit warna putih jangan diparut karena rasanya pahit. Hasil parutan diaduk rata dengan adonan unsalted butter dan gula.
  • Masukkan tepung terigu dan telur secara bergantian ke dalam adonan unsalted butter dan gula. Aduk sampai rata dan tekstur adonan menjadi halus.
  • Masukkan adonan ke dalam panci rice cooker.
  • Tekan tombol “cook” jika panci sudah dimasukkan ke dalam rice cooker.
  • Diamkan sekitar 10 menit jika tombol “cook” berubah ke tombol “warm”.
  • Tekan tombol “cook” lagi setelah 10 menit pertama berlalu. Saya mengulangi proses ini sebanyak tiga kali.
DSC_5682
Kue masih di dalam rice cooker
  • Di proses ketiga, saya periksa kondisi kuenya menggunakan tusuk gigi. Kue sudah matang jika tusuk gigi (yang ditusuk ke dalam kue) tetap bersih. Sebaliknya, ulangi proses “cook” di atas jika masih banyak adonan yang menempel di tusuk gigi.

Abrakadabra! Kuenya sudah jadi nih.

Saya menggunakan selai blueberry dan kacang mede wijen sebagai garnishnya. Setelah itu, saya menyimpan kuenya semalaman di dalam kulkas. Simsalabim!

DSC_5721
Lemon cake with blueberry jam and sesame cashews

Di luar dugaan, surprise kecil saya ini berhasil membuat Lulu senang. Dia sampai berkali-kali mengatakan kalau dia suka kuenya dan rasa kuenya enak sekali. Hal ini tentu membuat saya malu sendiri, haha.. Eh ternyata si kecil ikut-ikutan mupeng dengan kuenya.

Bahagia itu sederhana. Lihat teman senang, hati saya jadi ikutan senang juga.

DSC_5739
Happy birthday mamanya “si kaki seksi” 😀

Nah, hati saya jadi lega deh sekarang karena draftnya sudah selesai. Setidaknya tidak ada yang ngejar-ngejar saya lagi untuk minta resepnya 😀

Rgds,

Ws 😉

33 Comments

    1. Aku juga belum lama ini tahu kalau rice cooker bisa dipakai untuk buat kue Ge. Selama ini cuma buat nanak nasi, rebus-rebus, bikin sup, bikin bubur, kukus-kukus. Ternyata banyak tutorialnya di yutub 😀

      Like

  1. Makin memantapkan hati, kalo ketemuan, mesti harus kudu dibawain kue yaa *temen ga tau diri* haha.. Nti balik jakarta, mau nyoba resepnya ahhh.. Good job winn.. Bisa jadi sidejob lho.. 😀 😀

    Like

Thank you for your comments

