#GBCDesember

Membaca buku sudah menjadi salah satu hobi saya sejak masih kecil, dan saya menganggap pepatah “buku adalah jendela dunia” memang benar adanya. Saya juga tidak bermasalah dianggap sebagai “kutu buku” sebab saya percaya bahwa buku mampu mengenalkan banyak hal baru yang belum saya ketahui sebelumnya. Buku pun mampu menjadi teman baik saya, kapan saja dan di mana saja.

Meskipun kecanggihan teknologi sudah berkembang dengan pesat, saya masih menganggap bahwa nilai sebuah buku lebih tinggi daripada buku elektronik (e-book). Bukannya saya tidak mencintai lingkungan, tetapi lembaran buku memang memiliki nilai kepuasan tersendiri untuk para pencintanya, semacam staple food yang harus dipenuhi.

Akan tetapi, saya sudah tidak dapat terlalu sering menghabiskan waktu di toko buku seiring dengan tuntutan pekerjaan saat ini. That’s why, saya mulai memanfaatkan fasilitas pembelian buku secara online sejak beberapa bulan belakangan. Selain menghemat waktu, saya juga tidak perlu berjibaku dengan kemacetan jalanan ibukota yang luar biasa parah.

Meskipun demikian, saya tidak mau asal pilih penyedia jasa penjualan buku ini. Kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi, kesopanan dalam melayani customer, dan kecepatan pengiriman barang adalah hal-hal penting yang harus ikut diperhatikan.

Saya merasa semua poin tersebut dimiliki oleh Gramedia dengan websitenya www.gramedia.com.

gramedia
http://www.gramedia.com

Hal pertama yang membuat saya mengulangi pembelian buku melalui website ini adalah tampilan user-interface yang menurut saya sederhana namun rapi. Saya kurang suka membuka website dengan tampilan ramai dan berantakan, melihatnya saja sudah merusak mata. Hal kedua adalah kemudahan dalam mencari buku yang diinginkan serta potongan harga yang diberikan kepada customer. Hal ketiga adalah tentang konfirmasi buku yang dibeli, konfirmasi pembayaran, dan konfirmasi pengiriman buku tersebut, semuanya jelas dimunculkan dalam akun kita. Hal keempat adalah soal packaging yang rapi dari pihak Gramedia. Sayangnya saya lupa memfoto pesanan yang sudah saya terima beberapa kali.

Thanks to technology, kalimat tersebut rasanya cukup baik untuk menggambarkan rasa syukur saya terhadap dunia teknologi informasi yang berkembang sangat cepat saat ini. Tak dapat dipungkiri, kecanggihan teknologi sudah memberikan banyak hal positif dalam kehidupan manusia.

Saya juga senang sebab Gramedia dapat memanfaatkan sisi positif ini untuk lebih memberikan kemudahan kepada orang lain, terutama dalam segi pembelian buku. Satu hal yang saya harapkan, Gramedia dapat lebih memperbanyak konten atau jenis dari buku-buku yang dijual melalui website sehingga customer memiliki lebih banyak referensi sebelum melakukan pembelian.

Saya juga senang sebab Gramedia berusaha untuk aktif melalui media sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, dan LINE. Tak dapat dipungkiri, media sosial memiliki peran besar dalam mendekatkan satu pihak dengan pihak lainnya saat ini, dan saya senang Gramedia melihat hal ini sebagai hal cukup penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Seperti dua sisi mata uang, kecanggihan teknologi informasi memang memiliki dua sisi – baik itu sisi positif maupun negatif – dan tentunya akan jauh lebih baik jika Gramedia dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dengan baik dan benar.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Gramedia Blogger Competition Periode Desember 2015 dengan tema “Bagaimana kamu melihat Gramedia dan dunia Digital?”

Rgds,

Ws 😉

17 Comments

  1. Gramedia dengan dunia digital spt membantu para cs nya mempermudah pembelian buku ya.. rasanya terbantu bgt di saat skrg kemana2 hrs ditemani macet. Semoga sukses lombanya ya..salam kenal 🙂

    Like

  2. Hoo, memang makin dimudahkan… bagi penerbit dan percetakan juga makin menghemat biaya produksi soalnya tidak perlu membayar biaya ekstra untuk mencetak buku, ya. Tapi saya kadang suka sakit mata kalau baca ebook, jadi masih favorit buku konvensional dulu Mbak :hihi. Ini juga baru beli satu buku lagi, semoga bisa segera dibaca dalam waktu dekat. Semoga berhasil dengan kompetisinya ya, Mbak! :hihi.

    Like

          1. Bawaan belanja online, saya mikirnya bukunya juga online. Eh ini gramedia kan ya, bukan gramediana (yang buku online) :haha. Serupa tapi tak sama *ngeles, padahal memang gara-gara ngantuk sih tidak ada kerjaan :haha*.

            Like

    1. Sensasinya beda yah mba. Hahaha.. So far aku merasa lebih mudah tetapi engga semua buku yang kita mau ada disini. Mostly buku baru yang ada. Semoga ke depannya Gramedia bisa menambah variasi buku yang dijual di web ini.

      Liked by 1 person

Thank you for your comments

