Harbolnas 2015

Siapa yang sibuk pantengin website pagi sampai ketemu pagi lagi dari hari Kamis kemarin? 😀

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau tanggal 10-12 Desember 2015 ini diadakan suatu acara yang disebut Harbolnas, singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Kalau kata salah satu teman saya, tiga tanggal itu tanggal penting untuk kekep dompet erat-erat, hahaha..

Let me share you a lil’ bit about Harbolnas. CMIIW.

Harbolnas sebenarnya jatuh pada tanggal 12 Desember. That’s why, hari itu juga dikenal sebagai #1212Sale. Harbolnas itu mirip dengan Black Friday yang diadakan di Thanksgiving beberapa negara Amerika Utara dan Eropa. Tahun ini ada beberapa merchants Indonesia yang membuat Black Friday Sale juga tapi sepertinya acara Harbolnas lebih besar.

Harbolnas mulai digelar dari tahun 2012 lalu jadi tahun ini merupakan tahun keempat. Tujuan dari acara ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia tentang kemudahan dan keamanan belanja online. Harus diakui, meskipun pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 88,1 juta jiwa tetapi baru sekitar 7% pengguna internet di Indonesia yang pernah belanja online.

nielsen
http://www.nielsen.com

Nielsen pernah mengadakan survey kalau kartu kredit belum aman untuk digunakan dalam transaksi belanja online. Selain itu, coba perhatikan lingkungan sekitar kita, kebanyakan orang Indonesia masih menganut paham “harus lihat barang dulu baru beli” kan? Meskipun Indonesia dianggap sebagai pangsa pasar emas untuk e-commerce, tapi paham di atas tidak bisa dilupakan begitu saja.

Dari artikel-artikel yang saya baca, katanya total merchants yang ikut Harbolnas 2015 berjumlah lebih dari 130 merchants. Angka ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Beberapa di antaranya sudah cukup dikenal, misalnya Lazada, Zalora, MatahariMall, Elevenia, Blibli, Berrybenka, Bilna, Bukalapak, Tokopedia, you name it.. Bank dan perusahaan telekomunikasi juga tidak mau ketinggalan untuk memberikan penawaran kepada customer mereka.

Trus ada barang yang mau kamu beli engga, Wien? Jawabannya : engga ada, hahaha.. Eh ada deh, tiket pesawat PP CGK-DPS-CGK untuk akhir tahun depan 😛

Meskipun tidak ada barang yang mau dibeli, saya tetap browsing untuk melihat barang-barang yang dijual dengan harga miring, dan tetap memprovokasi teman-teman saya untuk membeli barang-barang tersebut, hahaha.. Eh saya baru ingat, saya sempat kepincut mau beli kuota internet yang harganya turun 50% dari 240 ribu jadi 120 ribu untuk 15GB, tapi engga jadi beli, hahaha..

Kalau dibilang harga barang-barangnya murah sekali juga engga, tapi setidaknya ada potongan harga sedikit. Katanya ada yang dapat iPhone 6 dengan harga 120 ribuan, trus Vespa dengan harga 300 ribuan, trus TV 55″ dengan harga 300 ribuan juga, entah berita itu benar atau tidak.

Meskipun masih ada waktu 1 hari untuk mengikuti acara ini, saya berharap kamu bisa belanja dengan bijak karena seringkali kita membeli sesuatu yang bukan kebutuhan tetapi keinginan lapar mata saja, haha.. Sekalinya sudah bayar belanjaan baru mulai pusing karena tagihan kartu kredit akan semakin bertambah 😛

By the way, saya selalu berusaha untuk melakukan pembayaran secara tunai daripada kredit untuk barang yang dibeli secara online karena saya berusaha menghindari utang. Kalau kamu gimana?

So guys, selamat menikmati hari terakhirnya Harbolnas! Jangan lupa, koneksi internetnya harus kencang supaya bisa berbelanja dengan nyaman 🙂

Featured Image : http://www.vgi.co.id

Rgds,

Ws 😉

Advertisements

2 Comments

Thank you for your comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s