Review A Little Chaos

Ada yang suka dengan genre British dramaWell, saya salah satunya 🙂

Paris 1682. Cerita dimulai dengan istri dan anak yang membangunkan Raja Louis XIV (Alan Rickman) di kamarnya. Selanjutnya, raja memberikan pidato kecil di depan istri dan anaknya yang intinya “surga akan berada di kerajaannya”.

2
Sabine & pot Andre

Cerita berlanjut ke rumah Sabine (Kate Winslet), seorang kontraktor perempuan. Sabine diundang ke kantor Andre (Matthias Schoenaerts), seorang penata taman terkenal kepercayaan raja.

Setibanya disana, Sabine terkesima dengan taman Andre dan memindahkan salah satu pot di taman tsb. Sabine merupakan satu-satunya wanita yang diundang ke interview, peserta lainnya adalah pria. Interview hanya berlangsung 3 menit karena Andre menganggap Sabine bukan orang yang menjunjung kerapian dalam bekerja.

Malam harinya, Andre berkunjung ke rumah Sabine. Sebelum bertemu, Andre mengelilingi taman rumah Sabine dan menyalakan semua lilin disana. Tanpa banyak bicara, Andre menyatakan Sabine diterima sebagai salah satu kontraktor di Versailles. Sabine diminta untuk mengubah hutan menjadi taman, dan membangun air terjun kecil di taman Versailles.

3
Andre menyalakan semua lilin di taman rumah Sabine

Sabine mulai menjalani pekerjaannya. Dia dibantu oleh beberapa karyawan pria, namun pada akhirnya mereka semua meninggalkan Sabine. Sabine mulai mengerjakan semuanya sendiri. Melihat kondisi tsb, Duras yang pernah ikut interview dengan Sabine menawarkan karyawan prianya kepada Sabine. Sabine juga mulai sering berdiskusi dengan Andre mengenai proyek mereka, dan hal ini membuat istri Andre cemburu.

5
Duras menawarkan bantuan kepada Sabine

Sabine diundang ke Louvre untuk pertama kalinya, dan dia merasa canggung ketika semua orang melihatnya. Disana dia berkenalan dengan Antoine, seorang bangsawan baik yang membawanya berkeliling. Andre terkesima ketika bertemu Sabine dan dia membawa keluar ruangan. Di saat bersamaan, istri Andre mencoba membuat Andre cemburu dengan mencium pria lain, tetapi Andre biasa saja. Lantas Andre mengenalkan Sabine ke Philippe, bangsawan baik yang mempunyai istri wanita asal Jerman bernama Palatine dan kekasih pria bernama Marquis.

7
Philippe mencium Palatine di depan Marquis

Istri Raja Louis XIV meninggal dunia dan raja menjadi tertekan sehingga memutuskan untuk meditasi di sebuah kebun di daerah Marly. Di luar dugaan, Sabine datang ke kebun tsb dengan maksud untuk bertemu pemiliknya. Meskipun raja sudah berusaha menyamar menjadi pemilik kebun, tetapi Sabine akhirnya mengetahui penyamaran tsb. Mereka pun berdiskusi mengenai banyak hal, baik tentang kehidupan dan pekerjaan.

8
Sabine mengetahui penyamaran Raja Louis XIV

Di suatu sore, istri Andre mendatangi Sabine di lokasi proyek. Dia menegur Sabine untuk menjauh dari kehidupan Andre. Setelah Sabine meninggalkan lokasi, istri Andre menyuruh orang untuk merusak lokasi proyek tsb dengan air.

9
Istri Andre mendatangi Sabine di lokasi proyek

Awalnya Sabine mengira lokasi proyek dirusak oleh hujan dan banjir sehingga dia berusaha menutupi pintu air yang terbuka, tetapi dia terjatuh ke dalam aliran air dan ditolong oleh Andre. Sejak saat itu, Andre yakin dia sudah jatuh hati dengan Sabine. Andre sempat mengajak Sabine bercinta, namun Sabine menolak.

10
Andre menolong Sabine yang jatuh ke dalam air

Andre tidak percaya jika penyebab kerusakan lokasi proyek adalah hujan dan banjir. Ketika sedang berusaha mencari tahu penyebabnya, Andre menemukan sarung tangan milik istrinya yang jatuh di lokasi proyek. Andre menggunakan barang tsb untuk mengajukan perpisahan dengan istrinya.

11
Lokasi proyek Sabine yang rusak karena suruhan istri Andre

Sabine diundang ke Fontainebleau untuk pertama kali. Para istri bangsawan ingin bertemu dengannya, termasuk wanita simpanan raja bernama Athenais. Mereka berbagi kisah tentang kematian orang yang mereka cintai. Sabine pun menceritakan bahwa dia seorang janda sebab suami dan anaknya meninggal dunia di waktu yang sama. Setelah mendengar kisah pahit para wanita, Sabine merasa harus memberitahukan hal ini kepada raja. Dia pun membuat perumpamaan.

12
Fontainebleau

Semua mawar (wanita) akan bertunas, mekar, dan layu. Semuanya akan berubah dari satu tahap ke tahap lainnya. Meskipun elemen memperlakukan mawar dengan kasar, mawar tidak tahu apapun dan tetap melanjutkan perjuangannya sampai akhir tanpa tahu penilaian akan keindahannya

13
Salah satu wanita yang berbicara dengan Sabine

Raja pun bertanya kepada Sabine : “perlindungan seperti apa yang dapat diberikan seorang tukan kebun untuk mawarnya dalam perubahan lingkungan yang keras?”. Dengan sederhana, Sabine menjawab : kesabaran, perhatian, dan sedikit kehangatan dari matahari“.

Seluruh bangsawan dan istrinya kagum dengan tindakan dan perkataan Sabine, termasuk Andre. Pada malam harinya, Andre mengajak Sabine bercinta dan Sabine tidak menolak meskipun dia masih dihantui perasaan bersalah. Sabine pulang ke rumahnya di pagi hari, menangisi masa lalunya ketika dia tidak bisa menyelamatkan suami dan anaknya dari kematian. Andre menemukan Sabine di rumah dan berusaha membantu Sabine menerima masa lalunya tsb.

Pada akhirnya, Sabine berhasil menyelesaikan proyek taman dan air terjun dengan baik, dan raja begitu menyukai hasilnya. Sebagai apresiasi, raja mengajak Sabine untuk berdansa di tengah taman diiringi oleh alunan musik orkestra.

18
Raja mengajak Sabine berdansa di tengah taman

Pada dasarnya, saya menyukai genre film seperti ini karena dua hal, artikulasi yang diucapkan (mostly British) dan hal-hal klasik yang ditampilkan. Saya merasa keduanya perpaduan sempurna, terkesan “mewah” untuk dilewatkan begitu saja sebab sangat memanjakan mata dan telinga.

19

IMHO, alur film ini biasa saja, cukup dapat ditebak tetapi tidak terlalu didramatisir, dan diperankan dengan begitu fokus oleh masing-masing pemain. Terlepas karena genrenya, saya tertarik menonton film ini karena melihat nama Alan Rickman dan Kate Winslet. Mannn, they are awesome, terutama Kate Winslet! Dia mampu memainkan peran sebagai wanita tangguh yang sekaligus rapuh karena dihantui kematian suami dan anaknya. Chemistry antara Sabine dan Andre pun dibangun dengan bagus. Anyway, si bule Belgia Matthias Schoenaerts itu punya sepasang mata yang bagus yah 😀

Ada beberapa hal yang diajarkan oleh film ini, mulai dari tidak meremehkan kemampuan orang lain (don’t judge the book by its cover), tidak meremehkan kekuatan seorang wanita, tidak membohongi diri sendiri, tidak berputus asa sebab tidak ada yang mustahil, kerja keras akan selalu membuahkan hasil baik, serta berdamai dengan masa lalu.

Rgds,

Ws 😉

Advertisements

15 Comments

    1. Ooo mas Dani pakai yify ya? Coba dicek dulu saja mas. Hehe.. Iya, aksennya enak banget di telinga, cuma sayangnya disini full English-speaking semua engga ada Frenchnya. Btw hati-hati entar ketiduran habis nonton ini 😛

      Like

    1. Kalau lihat di bang Wiki, release date pertama kali September 2014 tapi baru mulai masuk ke beberapa negara di 2015. Saya baru tahu soal film ini sekitar bulan Juni atau Juli gitu mba, hahaha..

      Like

Thank you for your comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s