El Gamma Penumbra

Untuk kamu yang rajin – atau setidaknya pernah (seperti saya) – nonton Asia’s Got Talent musim ini, kamu pasti tidak asing dengan nama yang menjadi judul post saya kali ini.

egp
El Gamma Penumbra (via Google)

Saya menonton show mereka untuk pertama kalinya bukan melalui jaringan TV kabel tetapi melalui jaringan TV lokal yang memang memiliki hak siar Asia’s Got Talent, walaupun show yang ditayangkan sudah tidak liveYoh gapapa, yang penting masih bisa nonton mereka 😛

El Gamma Penumbra merupakan gabungan dari beberapa orang berusia 22 sampai 40 tahun yang berasal dari Filipina, tepatnya Kota BatangasGenre yang mereka mainkan adalah Shadow Play dengan konsentrasi di Shadow Theater Group Act. Sebelum mengikuti kompetisi di Asia’s Got Talent, mereka sudah pernah mengikuti kompetisi di Pilipinas Got Talent season 3 dan berhasil menjadi juara keempat di ajang tersebut. Di tahun 2015 ini, mereka menjadi juara pertama di ajang Asia’s Got Talent. Ini yang namanya “tidak patah semangat dan mau terus mencoba” 🙂

Sejujurnya saya merasa cukup sedih sebab tidak ada satu pun finalis asal Indonesia yang berhasil masuk ke babak final. Empat dari sembilan finalis yang masuk ke babak tersebut berasal dari Filipina, sisanya dari Singapura, RRT, Mongolia, Thailand, dan Jepang. Berikut daftar kesembilan finalis tersebut :

  1. Dance Trilogy (Singapura).
  2. El Gamma Penumbra (Filipina).
  3. Gao Lin – Liu Xin (RRT).
  4. Gerphil Geraldine (Filipina).
  5. Gwyneth Dorado (Filipina).
  6. Junior New System (Filipina).
  7. Khusugtun (Mongolia).
  8. The Talento (Thailand).
  9. Triqstar (Jepang).

Dari nama-nama di atas, saya paling suka dengan penampilan El Gamma Penumbra, Gerphil Geraldine, dan Khusugtun tetapi saya paling terpesona dengan penampilan El Gamma Penumbra karena shadow play yang mereka mainkan selalu memiliki pesan-pesan moral. Walaupun suara Gerphil tingginya minta ampun, tapi stage act El Gamma Penumbra lebih menawan karena unik, tidak biasa, dan sangat menyentuh. Anggun saja sampai nangis loh, haha.. Saya juga sampai bela-belain vote mereka di Facebook 😀

Berikut ini adalah video penampilan mereka di babak final Asia’s Got Talent. Dengan backsong “Colors of The Wind” dari Vanessa Williams, mereka ingin menunjukkan betapa pentingnya peran kita (sebagai manusia) dalam menjaga alam dan lingkungan di sekitar kita.

Congratulations El Gamma Penumbra!

Rgds,

Ws 😉

Advertisements

13 Comments

  1. Sebenernya El Gamma ini gak original loh Wien. Coba kamu google yang namanya Attraction dari Britain’s Got Talent. Mereka ini juara satunya BGT dan mereka juga shadow play. Jadi pas liat El Gamma ini, kayak dejavu.

    Like

    1. Iya ci, mereka memang tidak original tapi saya tidak membahas soal orisinalitas disini, hehe.
      Lebih ke arah penampilan mereka yang keren dan sedang happening saat ini.
      Mereka memang sama seperti Attraction yang menang di BGT ketujuh soalnya saya sempat ikutin si Attraction juga waktu itu 😀

      Like

        1. Hi VG, thanks for your comment.
          I apologize in advance, we aren’t talking about the originality in this post.
          In my humble opinion, El Gamma Penumbra is original from The Philippines. Indeed, their attraction is genuine, but they aren’t the first group in shadow play’s attraction.
          Please notice that I didn’t post about the originality. It’s only about El Gamma Penumbra. Thanks 🙂

          Like

  2. awalnya g demen sama junior new itu wien eh gt liat el gamma ini lsg terpincut dink 😀
    keren bgt yah, ga sekadar tampil tapi punya pesen moral yg disampein ke penonton

    Like

Thank you for your comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s