Gak Nyaman

Apa arti “merasa nyaman” buat kamu?

Secara umum, saya menganggap “merasa nyaman” sebagai sebuah kondisi dimana saya dapat menjadi diri saya sendiri, sebuah kondisi dimana saya dapat merasa aman, tenang, damai, dan bahagia.

Salah satu sahabat saya pernah mengatakan bahwa “merasa nyaman” memiliki similaritas dengan “kepuasan pribadi”. Jika dipikir-pikir, kata-kata sahabat saya itu ada benarnya juga. Ketika saya “merasa nyaman”, saya memiliki “kepuasan pribadi”, dan semua itu tidak dapat dianalisis dengan kata-kata, diukur dengan penggaris, atau dibayar dengan uang. Saya hanya perlu menggunakan “rasa”.

Apa yang terjadi jika kamu “merasa tidak nyaman”? 

Jika saya sudah tidak merasa aman, tenang, damai, bahagia, merasa diusik, merasa terganggu, maka itu artinya saya sudah “merasa tidak nyaman”. Sesederhana itu 🙂 Di post kali ini, saya akan membahas beberapa hal yang membuat saya “merasa tidak nyaman”.

Pertama. Ketidakjujuran.

Salah satu quotes terkenal mengenai kejujuran adalah quotes Benjamin Franklin : “Honesty is the best policy“.

Bagi saya pribadi, kejujuran merupakan entitas utama dan paling sederhana, namun terpenting dalam hidup. Saya tipikal orang yang mempercayai kata-kata “manusia akan menuai apa yang mereka tanam”. Rasanya memang sulit untuk berbicara atau bertindak jujur apa adanya, saya pun masih berusaha untuk melakukan hal tersebut. But one thing for sure, kita akan mendapatkan hal baik apabila kita melakukan hal baik juga.

Sesulit apapun itu, berusaha untuk bersikap jujur akan jauh lebih baik daripada bersikap tidak jujur karena ketidakjujuran akan membuat hidup kita “merasa tidak nyaman” 🙂

Kedua. Rokok.

Saya tidak mendiskreditkan perokok (aktif) di post ini, tetapi rokok memang sebuah produk yang membuat saya “merasa tidak nyaman”. Saya akan “merasa nyaman” jika seseorang merokok di tempat yang jauh dari hadapan saya atau di tempat yang sudah disediakan, misalnya di smoking room/area, bukan di sembarang-tempat-sesuka-hati-gue 😛

Saya “merasa tidak nyaman” dengan rokok sebab asapnya membuat nafas saya menjadi sesak. Asap rokok juga membuat pakaian saya menjadi bau rokok. I really hate its smell. Supaya sama-sama “merasa nyaman”, saya akan berusaha stay away dari orang yang merokok atau minta orang tersebut untuk merokok di smoking room/area.

Ketiga. Telat.

Telat pasti membuat saya “merasa tidak nyaman” sebab akan mengganggu aktivitas yang sudah direncanakan sebelumnya, ditambah dengan kadar keringat yang akan lebih banyak daripada biasanya. That’s why, saya berusaha untuk tidak telat dalam melakukan apapun, mulai dari bangun, ngantor, ke gereja, ketemu teman, ke bandara, dan sebagainya. Personally, saya juga kurang suka dengan orang yang suka telat karena bagi saya waktu itu berharga sekali, so make the best of it 🙂

Sebenarnya masih ada hal lain yang dapat membuat saya “merasa tidak nyaman”, tetapi tiga hal di atas merupakan hal utama yang sebisa mungkin saya hindari supaya saya tidak “merasa tidak nyaman”. Bagaimanapun juga, “merasa nyaman” itu penting (buat saya) karena rasa nyaman dapat memberikan pengaruh positif untuk diri kita 🙂

P.S : Tulisan ini diikutsertakan dalam “Nadcissism 1st Giveaway”, and this is my first giveaway post. Thanks for reading, syukur-syukur kalau bisa menang yah 😀

Rgds,

Ws 😉

 

20 Comments

  1. Buat aku yg ngga nyaman itu segala sesuatu yang berkaitan dengan ketidakdisiplinan. Mau tidak tepat waktu kek, ngga mau antri kek, nyebrang sembarangan kek. Jadi makin luas ya hehehe. Tapi semuanya itu kan berkaitan dengan disiplin.

    Oh iya, sama satu lagi, inconsistency. Bukan ketidakjujuran ya, tapi orang yang kalau ngomong bisa berubah2 semau gue cuma buat mendapatkan “yang enak” versi dia. Dan orang yang seperti ini biasanya cenderung gossipers juga hahaha.

    Like

    1. Ah yes, disiplin juga salah satu hal yang sulit dijalankan tapi sebenarnya akan membuat setiap orang merasa nyaman jika dijalankan dengan tertib ya ci.
      Kalau soal inkonsistensi, saya pribadi engga suka dekat-dekat dengan tipikal orang seperti itu, hahaha..

      Like

  2. Ah dirimu cepat sekali Wien dah post aja. Hahahahah. Padahal Nadia br aja post pagi.

    Nyaman adalah kondisi di mana kita merasa wuenak tenan kan? Hehehe

    Like

  3. Rokok itu sangat mengganggu kalau tidak diisap di tempat yang tepat. Huh, kadang bikin kesal soal yang satu itu :haha.
    Poin-poin yang memang benar dan I couldn’t agree more. Good luck bua give awaynya, semoga menang!

    Like

  4. Wah, aku suma banget sama poin kedua. Aku juga nggak suka ada asap roko, bikin batuk dan bahayanya itu, loh! Jadi perokok pasif, lebih rentan kena sakit.
    oh, ya, semoga sukses di GA-nya mbak Nad ya. 🙂

    Like

Thank you for your comments

