City of Food 1

Lahir dan dibesarkan di kota Pontianak bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk pecinta masakan sebab kota ini sudah lama dikenal sebagai salah satu surganya makanan di Indonesia, baik yang halal maupun non-halal. Tidak mengherankan jika ungkapan “kangen masakan rumah, kangen masakan Ponti” seringkali diucapkan oleh mereka yang tinggal di luar kota Pontianak ataupun di luar Indonesia, and one of them is me. Oleh karenanya, tidaklah mengherankan juga jika lambat laun kota ini menjadi kota tujuan wisata kuliner, bahkan untuk mereka yang ‘pulang kampung’ pun akan melakukan aktivitas tersebut. Yes, berburu kuliner Pontianak 🙂

Dalam post kali ini, saya akan mencoba menyajikan beberapa masakan ala Pontianak. Siapa tahu isi post ini akan berguna untuk siapa saja yang ingin berwisata kuliner disana 🙂

AMERICAN RESTAURANT

Tempat ini biasanya disingkat dengan 1 kata : “Amchik”. Saya mengenal tempat ini jauh sebelum saya mengenal KFC dan sebangsanya. Kalau kesini, entah kenapa saya selalu pesan sop jagung, ayam goreng, dan kentang gorengnya. Anyway, rasa saus tomatnya khas sekali.

amchik (2)
SOP JAGUNG + SAUS TOMAT AMCHIK
amchik
1 PAKET NASI PUTIH + AYAM GORENG + KENTANG GORENG

APAM 

Dalam bahasa Teochew disebut “Tam-bi-kue”. Bentuknya bulat seperti martabak tapi ukurannya kecil, tidak sebesar ukuran martabak. Rasanya mulai dari cokelat, keju, kacang, srikaya, dsb. Jajanan ini banyak dijual di pasar atau tepi jalan, tapi favoritnya saya di Jl. Gajahmada, depan toko elektronik “Gajah Kembar” yang biasanya buka dari sore hari.

apam
SATU BUNGKUS APAM COKELAT

BACANG

Terbuat dari ketan dan isinya daging biba cincang, telur, kacang tanah, dan lapciong (biba). Selama di Pontianak, saya tidak pernah beli bacang di luar rumah karena para generasi keluarga besar yang lebih tua dari saya mahir membuat makanan ini. Tapi selama di Jakarta, saya biasanya makan bacang Konghu. Pada umumnya, makanan ini non-halal karena mengandung biba tapi ada juga yang jual bacang halal dan bacang vegetarian.

bakcang
BACANG NON-HALAL

KICANG

Kenyal, lengket, wangi, dan dicocol dengan gula putih/gula merah. Itulah kicang 🙂

Kicang
KICANG PONTIANAK

BAKPAO

Jenis makanan satu ini mudah ditemukan di penjuru kota Pontianak dengan berbagai rasa, mulai dari rasa daging (ayam/biba), kacang kedelai, kacang hijau, kacang tanah, kacang merah, sayur, dan srikaya. Makanan ini paling nikmat disantap dalam kondisi hangat.

Bakpau
BAKPAO YANG SEDANG DIHANGATKAN
bakpauwaru
BAKPAO INI MERUPAKAN LANGGANAN KELUARGA SAYA

BINGKE

Dibuat dari tepung beras, telur, santan, gula, dan biasanya dipanggang dua sampai tiga kali. Rasanya lembut dan manis. Satu loyang terdiri dari 6 potong. Saya lebih suka kue ini dibandingkan bika ambon.

BINGKE PONTIANAK (via mbah gugel)

BUBUR

Ada beberapa jenis bubur di Pontianak, mulai dari bubur ikan, bubur pesawat, dan bubur pedas.

Bubur ikan (dalam bahasa Teochew : “he-mue”) biasanya dijual di pagi hari (buta) dan nikmat disantap dalam kondisi cukup panas. Teksturnya agak berbeda dengan bubur abang-abang yang lembut. Bubur ini lebih mirip nasi kuah 😀

bubur ikan
BUBUR IKAN PONTIANAK (DENGAN TELUR)

Di Jakarta ada juga restoran yang menjual bubur sejenis ini, tepatnya di wilayah Pademangan.

BUBUR IKAN PADEMANGAN (TANPA TELUR)

Disebut bubur pesawat (dalam bahasa Teochew : “Pue-ki-mue”) karena bubur ini cepat disajikan oleh si penjual dan harganya cukup mahal daripada jenis bubur lainnya. Bubur ini termasuk makanan non-halal karena mengandung daging biba.

bubur-pesawat
BUBUR PESAWAT (via mbah gugel)

Bubur pedas adalah bubur khas Melayu, terbuat dari beras yang sudah ditumbuk sampai halus dan dioseng-oseng. Biasanya bubur ini dimasak bersama sayur kangkung, sayur pakis, dan rempah-rempah. Oleh karena itu, rasanya sangat khas sekali. Nikmat disantap dalam kondisi hangat, apalagi ditambah dengan ikan teri dan kacang tanah goreng.

BUBUR PEDAS PONTIANAK (via mbah gugel)

SAYUR PAKIS

Beberapa supermarket di Jakarta menjual sayur ini dengan harga IDR 10.000 – 15.000 per ikatnya. Beberapa restoran di Jakarta pun menjual masakan ini dengan harga IDR 15.000 – 35.000 per porsinya. Sayur ini sangat mudah ditemukan di Pontianak, dan sangat digemari (oleh saya), cukup dengan bawang putih atau terasi 😀

BUBUR IKAN PADEMANGAN + SAYUR PAKIS CAH BAWANG PUTIH

CHAI JI KUE

Saya engga tahu bahasa Indonesia untuk makanan ini, yang jelas bahan utamanya adalah sayur (biasanya sayur kuchai) dan – biasanya lagi – ditaburi minyak bawang di atasnya. Harganya murah meriah, kisaran IDR 2.000 – 5.000 tergantung besarannya.

chai ji kue
CHAI JI KUE

CE HUN TIAU

Lagi-lagi saya engga tahu bahasa Indonesianya 😀 Minuman ini biasanya dijual di gerobak-gerobak tepi jalan, biasanya harganya hanya IDR 5.000 per porsi, dan biasanya enak, haha.. Isinya kacang merah, cendol putih, santan kental, es batu. Rasanya manis dan segar.

cehuntiau
CE HUN TIAU

CHAIKUE

Kalau di kota lain, makanan ini disebut “Choipan”, tapi kalau di Pontianak disebut “Chaikue”. Chaikue di kota ini ada dua jenis, chaikue kukus dan chaikue goreng. Isinya pun ada beberapa jenis, mulai dari bengkoang, kuchai, kacang kedelai, atau keladi.

chaikue (2)
CHAIKUE KUKUS JALAN SIAM
chaikue
BIASANYA CHAIKUE KUKUS DI PONTIANAK DIJUAL DALAM BENTUK SEPERTI INI
CHAIKUE GORENG PONTIANAK (via mbah gugel)
CHAIKUE GORENG PONTIANAK (via mbah gugel)

LOCUPAN

Dalam bahasa Teochew, makanan ini disebut “ciam-bi-ie”. Biasanya penjual menawarkan locupan goreng atau locupan yam, tapi si mama suka membuat locupan rebus di rumah 🙂

ciambieie (2)
LOCUPAN / CIAM BI IE GORENG
ciambieie
LOCUPAN / CIAM BI IE REBUS BUATAN MAMA TERCINTA

PIE SUSU DAN SOES

Kudapan ini bisa dibeli di toko-toko kue, salah satunya adalah Cita Rasa. FYI, lokasi Cita Rasa bersebelahan dengan Amchik 😀

citarasa
PIE SUSU DAN KUE SOES CITA RASA
Mini Sus
ADA JUGA YANG MENJUAL MINI SOES SEPERTI INI
cita rasa
CITA RASA (via mbah gugel)

DODOL

Jenis dodol yang paling terkenal di kota ini adalah dodol duren. Walaupun harga dodol duren selalu naik setiap tahunnya (bisa mencapai IDR 150.000 per kg), dodol satu ini selalu jadi salah satu pilihan oleh-oleh favorit. Dodol duren biasanya disebut lempok duren. Jika dijemur di bawah matahari, lempok akan menjadi kering dan wangi duren sekali. Terdapat beberapa jenis dodol lainnya juga, misalnya dodol lidah buaya, dodol labu, dodol pepaya, ataupun dodol kacang hijau.

lempok1
DODOL / LEMPOK DUREN SEBELUM DIBUNGKUS (via mbah gugel)
lempok2
DODOL / LEMPOK DUREN SETELAH DIBUNGKUS (via mbah gugel)
lempok
BIASANYA KELUARGA SAYA SUKA BELI LEMPOK DUREN DISINI
dodol lidah buaya
DODOL LIDAH BUAYA (via mbah gugel)

DUREN

Duren (dalam bahasa Teochew : “lu-lien”) yang dimaksud bukan duda keren yah, tapi buah duren atau durian. Jenis duren yang dijual di kota ini bukan duren monthong. Duren Pontianak cenderung mirip dengan duren Medan, bentuknya kecil, rasanya gurih dan agak pahit. Salah satu budaya di kota ini adalah makan nasi putih hangat dengan lauk duren 😀 Kalau lagi musimnya, penjual duren ‘bertebaran’ di tepi jalan, dan harga durennya pun bisa mulai dari IDR 5.000.

duren
DUREN PONTIANAK

ES NONA SARI BUAH

Disebut es nona karena tampilannya menarik dengan es serut berwarna pink dan buah pelengkap berwarna-warni, plus dengan susu kental manis di atasnya. Penyajian es ini tidak berubah dari tahun ke tahun, selalu seperti foto di bawah ini, termasuk gelas dan sendoknya.

esnona
ES NONA SARI BUAH

ES URIP

Dinamakan seperti itu karena lokasinya terletak di Jalan Urip. Sebenarnya rasa es krimnya biasa saja, tapi entah kenapa ngangenin. Bentuknya pun selalu sama seperti di foto ini. Selalu ada astor dan buah cherrynya 😀 Biasanya ada 1 slice buah apel juga.

ES URIP PONTIANAK
ES URIP PONTIANAK

ES KRIM A-NGI SANTO PETRUS / KHUNTONG

Es krim homemade ini sangat terkenal. Letaknya berseberangan dengan lokasi sekolah Santo Petrus (dalam bahasa Teochew disebut “Khuntong”).

angie
ES KRIM ANGI RASA STRAWBERRY
angie (2)
ES KRIM ANGI RASA DUREN

ES SHANGHAI

Lokasi es shanghai yang paling terkenal adalah Tanjung Mulia di sebelah Gereja Katedral Pontianak.

ES SHANGHAI TANJUNG MULIA PONTIANAK
ES SHANGHAI TANJUNG MULIA PONTIANAK
shanghai
ISI-ISINYA ES SHANGHAI

HEKENG

Biasanya, hekeng terbuat dari campuran daging biba dan daging udang yang dihaluskan kemudian dibungkus dengan menggunakan lembaran kembang tahu kering.

hekeng
HEKENG GORENG DAN SAUSNYA
hekeng (2)
SALAH SATU TOKO PENJUAL HEKENG YANG TERKENAL (via mbah gugel)

KUE BULAN 

Dalam bahasa Teochew, kue bulan disebut “guek-pia”. Toko penjual kue bulan yang paling terkenal adalah Hong Hak. Kue bulan ada yang halal dan non-halal 🙂

honghak
KOTAK KUE BULAN HONG HAK (via mbah gugel)
honghak2
KUE BULAN HONG HAK (via mbah gugel)

JAJANAN SEKOLAH

Hahaha, harus diakui loh, jajanan sekolah merupakan salah satu makanan yang cukup digemari 😛 rasanya enak, harganya murah meriah, tapi memang tidak sehat si 😀

jajanan
SOSIS DAN BALUTAN TELUR DADAR

Udah ngiler?

Tahan yah, masih ada post keduanya 😛 😀

– bersambung – to be continued –

Rgds,

Ws 😉

Advertisements

Thank you for your comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s