meNYEPI di BALI ( 4A )

March 30, 2014.. Saya bangun tidur dan merasakan hampir seluruh badan saya pegal-pegal semua 😐 (edisi pegal-pegalnya karena ini dan ini), tetapi saya mencoba untuk tetap semangat karena hari ini saya dan para partner-in-crime (yang masih ngorok) hanya bisa menggunakan jasa Bli Wayan sampai pukul 14.00 siang. Well, it was a day before Nyepi Day 🙂

So, where did we go? Our first destination was Tanah Lot in Tabanan district. FYI, Tabanan is Bli Wayan’s hometown.

100_1846

Hello Tanah Lot 🙂

100_1953

100_1867 100_1870 100_1873 100_1874

Bli Wayan sedang berdoa di salah satu pura

100_1876 100_1878 100_1881 100_1906 100_1915 100_1916 100_1917 100_1918 100_1919 100_1920

The white-shirted man = one of my partner-in-crime (with his other recklessness)

100_1921 100_1925 100_1944

The beautiful red frangipani. FYI, frangipani = plumeria = kamboja

100_1945 100_1947 100_1948

Sesudah menikmati pemandangan di Tanah Lot, kami pun bergegas menikmati hal lainnya, apalagi kalau bukan makan siang, haha.. Kami diajak Bli Wayan untuk makan siang di Ayam Betutu Gilimanuk dekat pintu masuk Tanah Lot. Wah, bukan main kepalang senangnya hati ini ketika diajak makan disana. Saya pernah makan di salah satu outlet ABG di Jakarta, dan menurut saya rasanya enak sekali. Nah, sekarang saatnya untuk makan di daerah asalnya *sluuurp*

Menunya kelihatan sederhana sekali yah, tapiiiii rasanya nendang banget kakak, jauh lebih enak daripada ABG di Jakarta itu. Sambelnya itu bikin nagih! 😀

100_1961

Restoran ini mempunyai satu lukisan yang cukup menarik perhatian saya.

100_1958

Di samping restoran ternyata ada sawah dan padinya sudah mulai menguning.

100_1954

Salute sama kakak yang satu ini. Dia menyempatkan diri untuk mengadakan ritual seperti ini setelah melayani kami.

100_1964

The Canangsari

100_1965

Sudah hampir jam 14.00 siang, artinya Bli Wayan sudah harus membawa kami pulang ke hotel. Mungkin ada yang bertanya, mengapa kami harus pulang di jam 14.00 siang? Well, seperti yang saya ketik di atas, it was a day before Nyepi Day, jadi jalanan pasti mulai ditutup untuk persiapan upacara dan event ogoh-ogoh. For a moment, I thought that Bali is an impressive yet wonderful city. The word of “impressive” and “wonderful” refer to how they can “force” other people who are non-Hindus to receive, respect, and follow their traditions and their red-letter day, also.

Sesampainya kami di hotel, kami berpamitan dengan Bli Wayan dan melanjutkan perjalanan kami sendiri ke sekitar hotel. Ternyata jarak hotel kami ke Pantai Kuta tidaklah jauh, hanya perlu jalan kaki 10 menit \(^o^)/ Engga ada mobil, kaki pun jadi donk, haha..

Hello Kuta 🙂

100_2006

Frankly, Kuta Beach wasn’t success in attracting my attention. The beach was pretty dirty and the rubbish were strewn everywhere. But one of my recklessness partner-in-crime didn’t care about it 😀

100_2003

Setelah memuaskan diri (sedikit) di Kuta, kami pun berjalan ke Beachwalk Mall untuk sekadar ‘mendinginkan’ diri dan mencuci kaki, haha.. Seperti mall pada umumnya, Beachwalk pun memiliki ‘isi’ yang tidak jauh berbeda dengan mall-mall besar di Jakarta. Jalan-jalan di mall tidak masuk di personal itinerary kami, jadi kami memutuskan untuk tidak lama-lama disini.

Sambil jalan, sambil bertemu canangsari dan pura lagi, sambil ditawari magic mushroom di sekitaran Kuta dan Legian, kami pun menikmati panasnya matahari Bali hari itu sambil makan McFlurry yang kami beli di McDonald. Anyway, kami sempat beli paket makanan di McD untuk makan malam kami.

100_2012 100_1966

Walaupun hari ini adalah satu hari sebelum Hari Nyepi, kami tidak ingin stayed lama-lama di hotel. Sebelum berpisah, Bli Wayan sempat memberitahukan kami bahwa ogoh-ogoh akan digelar di Kuta atau Legian 🙂

– bersambung – to be continued –

Rgds,

Ws 😉

Thank you for your comments